Sekelumit Cerita

Vina Fitriyani [02/07/2022 9:32]

Hallo Assalamu'alaikum...

How r u guys? 

Long time no ngeblog yaaa.. (eh gimana si bahasa Inggrisnya)


Aku pengen sedikit cerita nih... Cerita saat aku mengikuti seleksi salah satu perusahaan negara ges😁

Kalian bisa nebak bukan? 


Langsung aja ya.. boleh gak ni.. kalo ndak boleh yaudah skip aja ges ndak usah dibaca, Okay😄

Jadi nih yaaaa, ceritanya pas bulan April kemaren tuh ada seleksi salah satu perusahaan negara, entah infonya sejak tanggal berapa, aku juga lupa. Intinya mah pas aku lagi freelance di salah satu lembaga pemerintah tepatnya  bulan April (pas puasa itu loh..). Nah saat itu sebenernya aku udah disuruh ikut seleksi nih.. tapi di sisi lain aku juga bingung karena aku pulang dari freelance aja sampe rumah Maghrib, dan kalo udah di rumah males banget buat buka lepi.. capek ges, maklum remaja jompo😭

Terus suatu hari tepatnya tanggal 12 April ada temenku juga yg ngajak untuk ikut seleksi. Nah aku bilang "Iya rencanaku juga mau daftar tapi nanti kalo freelancenya udah selesai." Karena pas itu persyaratannya ada SKCK polres padahal aku cuma punya SKCK polsek. "Lha kukira SKCK sama aja" batinku saat itu 💆. Nah udah kan..Selang beberapa hari aku selese nih freelancenya, kalo ndak salah tgl 15 April, padahal seleksi BUMN sampe tgl 25 guys. 

Aku kasih tau lah sama temenku kalau aku udah selese freelance. "Yuk bikin SKCK polres". Akhirnya bikin tuh tanggal 18 April 2022. Dan u know? Ternyata SKCK cuma opsional wkwk. Temenku baru ngasih tau pas udah jadi. Karena setauku persyaratannya memang ada SKCK. Tapi aku gak tau kalo itu cuma opsional ges wkwk. Yaudahlah terlanjur bikin juga, besoknya aku langsung isi nih perlengkapan administrasi. Pas udah selese semua "oke saatnya apply posisi". Dan bodohnya aku di situ gak tau konsep pemilihan posisinya bagaimana. Karena aku dari jurusan matematika, otomatis aku nyari yg sejurusan juga lah. Ternyata yg aku cari tinggal beberapa posisi (wkwk aku kurang gercep). Udah banyak yang penuh juga ya Allah. Ternyata sebanyak itu ya pendaftarnya sampe aku aja gak kebagian. Yang masih banyak kuota kalo sesuai jurusan/semua jurusan mah kebanyakan perusahaan perkebunan sawit. Tapi kalo itu aku sengaja gak milih karena penempatannya jauh-jauh banget besti.. 

Udah kan ya.. aku cari-cari lagi di perbankan. Pas liat salah satu perbankan penempatan di head office Jakarta dengan posisi data science/data engineering, di situ jurusannya ada statistika. Karena statistika berasal dari matematika akhirnya aku pilih nih pertama. Ternyata ges ternyata...itu gak bisa diubah-ubah dan fiks jadi pilihan pertama. Yg pernah sbmptn pasti tau lah. Mau gak mau aku harus cari pilihan kedua yg sesuai passion. Di situ aku milih perusahaan pengelola aset bagian keuangan. Karena di perbankan lain udah penuh semua, ya ada si beberapa yang masih ada kuota hanya saja itu bukan passionku. Nah di sini aku baru milih dua posisi. Masih belum tau posisi yg ketiga mau pilih apa, karena gak ada yang cocok atau sesuai passion. 

Pada tanggal 25 April entah H-berapa jam, aku nyoba buka website lagi. Nyari-nyari posisi ketiga yg cocok buat aku gitu kan. Nah di sini tu aku mikir seandainya aku ndak lolos pilihan 1 dan 2 kan sebenernya bisa dilempar ke pilihan 3. Tapi kalo pilihan 3 gak ada, sia-sia juga. So, sangkin pengennya kerja di Pertamina akhirnya aku pilih tu pertamina meskipun gak sesuai jurusan. (Jadi awalnya aku liat Pertamina, tapi yg sesuai jurusan itu udah penuh semua). Jadi di sini udah selese kan... Posisi pertama di perbankan, kedua di pengelola aset, dan ketiga di Pertamina.

Udah nih.... Saatnya menunggu pengumuman kelulusan administrasi. Tanggal 8 Mei 2022 (H+berapa lebaran ya ges? Lupa). Pengumuman kelulusan terbit... Bismillah aku buka website lagi. Alhamdulillah, qodarullah aku lolos administrasi guys. Disitu tertulis warna hijau. Huaaaa aku terharu. Aku lolos ke tahap TKD. Aku kasih tau kan sama mamaku, kakak²ku juga. Nah di sini aku mulai bingung nanti tesnya gimana secara kuotaku selalu dipake hospot adik dan kadang gak stabil juga. Akhirnya aku disaranin tes di rumah kakakku yg di Cikarang karena di situ ada WiFi jadi lumayan lah wkwk. (Inget kan? Pas aku bilang mau ke Cikarang? Haha disitu aku masih sembunyi²). Saat itu aku dapat jadwal trial test hari Minggu tgl 15 Mei 2022 sedangkan tesnya tgl 19 Mei 2022. Nah perangkat yg buat tes itu disaranin harus sama ges.  Udah nih ya tanggal 15 Mei 2022 aku melaksanakan trial test. Sempet ngelag ndak bisa buka tesnya, ternyata harus upgrade schrome atau Mozilla hmmmz. Tapi aku inisiatif buka melalui website, Alhamdulillah bisa. Selese guys trial testnya ternyata cuma 10 menit dan itu kaya gladi resik aja. 

Oke, sekarang hari Kamis tanggal 19 Mei 2022. Aku dapat jadwal tes itu mulai jam 16.00 s.d 18.00. Mau Maghrib banget gak tu... (Padahal sore-sore udah waktunya ngantuk banget). Nah di sini bukan cuma aku yg panik. Tp mbakku sama mamasku juga. Panik kenapa?. Karena laptopnya aku kalo mau dinyalain harus dicolokin. Harus banget pokoknya. Gak bisa nyala sama sekali kalo tanpa listrik. Nah takutnya mati listrik di tengah jalan. Akhirnya mbakku inisiatif pinjem lepi tetangga kebetulan lagi nganggur. Ternyata.... Lepi tetangga kameranya gak berfungsi guys, padahal tesnya harus on cam. Dan mau gak mau aku terpaksa pake lepi sendiri dengan modal bismillah. Mulai nih tesnya... MasyaAllah ada 100 soal pilgan campuran (psikotes, tes gambar, numerik, dll) dicampur jadi satu. Biasanya kan numerik sendiri, gambar sendiri gitu toh. Karena ngejar waktu akhirnya ada beberapa soal yg ngasal banget. (dalam hati yg penting diisi semua, perihal lolos tidaknya ada ditangan Allah). Sampe aku lupa submit, tp Alhamdulillah otomatis terekam dari sistemnya. Jadi meskipun aku gak submit tetep ada nilainya. Di sini aku bersyukur banget. Allah baik banget ya. Lanjut tes core values. Ternyata soal-soalnya jauh banget dari ekspektasiku. Karena sebelum²nya aku sempet belajar juga ngumpulin contoh soal-soal core values dari YouTube. Kukira ya soalnya semacam itu lah. Ternyata soalnya bener-bener penalaran panjang-panjang banget. Aku pasrah pokoknya, udah capek duduk mulu dua jam wkwk. Pas udah 2 jam akhirnya selese. Alhamdulillah lega.

Oke tinggal nunggu pengumuman kelulusan nih kalo gak tanggal 8 Juni ya 9 Juni karena jadwal tes TKD  kan diundur, bisa jadi pengumuman juga diundur. Ternyata bener diundur tanggal 9 Juni. Tapi aku gak tau tepatnya jam berapa. Bolak balik bukan website. Tanya temen katanya pengumuman jam 14.00. oke nunggu jam 14.00 ternyata belum ada sampe sore. Tanya lagi lah aku, takutnya aku doang yg belum dapat pengumuman. Nah temenku bilang "ternyata pengumuman jam 9 malam Vin". Hoalaah wkwkwkwk. Nah udah jam 9 malam nih tp aku ndak berani buka, langsung tidur aja gitu. 

Besoknya pas subuh aku bangun, ngambil hp buka website buat liat pengumuman. Jadi aku buka udah tanggal 10 Juni. MasyaAllah ya Allah pilihan pertama warna hijau. Sedangkan pilihan kedua dan ketiga warna merah. Disini aku seneng campur sedih wkwk. Seneng karena aku lolos ke tahap TKB dan wawancara, sedih karena lolos di pilihan pertama yang bukan passionku wkwk. Sedih plus takut. Iya takut. Di sini pun aku masih kurang percaya gitu, heran. Sama herannya kaya pas aku liat pengumuman SNMPTN lolos di pilihan pertama jurusan matematika. Padahal kalo diliat grafik nilai matematika itu naik turun banget ges kaya baju naik turun yg lagi viral itu loh. Ku kira lolos di pilihan ke dua jurusan pendidikan  IPA, eh ternyata matematika wkwk.

Nah dari keterangan pengumuman kelulusan itu, untuk tes TKB dan wawancara nanti dapat email dari masing-masing perusahaan tempat pelamar diterima guys. Jadi aku nunggu tuh ya... Sekitar jam 16.30 aku dapat notifikasi dari tempat aku diterima. Isinya ya ucapan selamat dan apa yg harus aku lakukan sambil menunggu jadwal TKB dan wawancara, karena tiap perusahaan prosedurnya berbeda. Di perbankan tempatku lolos itu pertama TKB dulu toh, semisal TKBnya lolos nanti dapat undangan buat ikut wawancara lewat email. Jadwal TKB saat itu mulai 10 Juni jam 12.00 a.m sampai 12 Juni 11.59 p.m. Jadi kandidat terserah mau tes jam berapa saja yang penting dalam rentang waktu tersebut. 

Oya pas aku dapat email dari perusahaan pun di situ ada info kalau tes TKB untuk posisi yg aku lamar nanti isi tesnya mengenai bahasa pemrograman, coding pake software apaa gitu, macem-macem. Serius ya aku tu awam banget kalo masalah pemrograman atau coding. Di sini aku jadi gak semangat mau ikut tes TKB, karena aku ndak punya gambaran gimana cara ngerjainnya. Yg aku pelajari dulu pas kuliah pemrograman Pascal, my SQL, sama apalagi ya lupa. Kalo python aku baru belajar pas skripsian, itu juga aku nyerah ges gak paham dan gak ada yg mau ngajarin wkwk. Aku inisiatif nyari bocoran di YouTube juga ttg TKB perbankan posisi tsb, yang ada...kita harus tau ttg perusahaan itu bagaimana. Jadi intinya teh soal-soalnya ttg  perusahaan yg kamu lamar. Aku juga cari temen yg katanya ikut seleksi  juga barangkali ada yg lolos pun gak dapet, padahal tujuanku pengen sharing gitu. Bukan cuma pengen tau lolos enggaknya. Karena engga dapet, yaudahlah wkwk.

Nah karena hari Sabtu aku belum tes TKB, otomatis aku dapat email lagi (isinya pengingat) haha. Yaudahlah aku mutusin buat tes Minggu pagi sekitar jam 10. Nah udah jam 10 nih... Aku beranikan diri untuk tes TKB, ya Allah ya Robbi.... Ternyata soalnya Inggris semua woy... Pertanyaan ttg komputer gitu kaya network, cyber, hacker, ah gatau lagi gustiiiii😭 dan 4 soal terakhir ternyata beneran disuruh pemrograman/coding. Mana aku gak ngerti itu software apa, tolong... Taunya no akhir pake python, tp aku beneran gak paham secara pake algoritma yg gak pernah aku pake ges... Noob banget gak si aku😭

Disitu aku nyerah.. 4 nomor gak kuisi semua. Sumpah si aku pasrah. Mau nangis tp bisanya ngetawai diri sendiri. Sampai hari Rabu pun aku gak dapet email undangan wawancara. Udah jelas aku gak lolos kan... 

Kemaren pas tanggal 30 Juni 2022 aku dapat email terkait pengumuman kelulusan TKB dan wawancara. di situ beneran aku ndak lolos, huhu. padahal tinggal 2 tahap lagi, MCU dan bela negara & inaugurasi.. yaudahlah mau gimana lagi kan... memang belum rezekinya juga. hehe

Udah ah, diambil pelajarannya saja guys. Cukup sekian dan terima kasih ya. Jujur capek banget ngetiknya hahaha

Komentar